Fakta-Fakta Menarik Seputar Cosplay Yang Harus Kamu Tahu!!

Akihanews.com – Konichiwa^^ siang yang cerah sehabis hujan, bagaimana jika kali ini mimin bahas sesuatu yang berhubungan dengan cosplay. Teman-teman mimin pasti dah tau apa itu cosplay, kan?

Fakta Menarik Seputar Cosplay

Fakta Unik & Menarik Seputar Cosplay Yang Harus Kamu Tahu!!
Fakta Unik Cosplay

Itu lho yang pakai pakaian ala ala anime. Ya, secara singkatnya memang tidak sepenuhnya salah. Namun, secara jelasnya cosplay berasal dari kata costume dan play. Jadi, cosplay dapat diartikan sebagai cara berpakaian, riasan wajah, dan aksesori seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam manga, anime, maupun film.

 

Yaaaa… karena menjelaang sannin party di daerah Solo dimana ada lomba cosplay-nya jadi mimin mau memberikan info mengenai fakta fakta menarik seputar cosplay yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja ya?

 

#1 Cosplay sendiri di Jepang menyumbangkan setidaknya 40 milyar Yen

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Cosplay: Kakashi @ Naruto

Woww… hebat ya. Dalam bisnis cosplay bisa menyumbangkan dana sebesar 40 milyar Yen. Ini membuat mimin tercengang. Karena itu tak aneh jika bisnis cosplay memiliki pengaruh yang besar dalam perekonomian Jepang.

 

#2 Indonesia juga memiliki cosplayer wanita legend

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Cosplayer Indo Legend: Pinky Lu Xun

Jangan salah di Indoneia sendiri juga ada cosplayer wanita yang udah terkenal banget. Saking terkenal dan cantiknya ia bahkan mempunyai julukan ‘Ratu Cosplayer Indoneisa’. Dia adalah ‘Pinky Lu Xun’ seorang arsitek yang bekerja di Australia. Wah, tak heran jika kostum-kostum yang ia pakai mempunyai kerumitan yang sangat tinggi. Keren abis.

Dia selain cosplayer juga memiliki kelebihan-kelebihan lain lho seperti jago bela diri khususnya boxing, setia, pinter bahasa asing, Jepang dan Inggris, ramah sama siapa saja, dan yang terpenting tetep cinta sama budaya Indonesia meskipun sekarang ia tinggal di Australia.

 

#3 Indoensia pernah memenangkan lomba cosplay di Jepang

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Indonesia pernah menang kontes Cosplay di Jepang

World Cosplay Summit adalah salah satu lomba cosplay yang sangat terkenal di seluruh dunia. Acara ini awalnya hanyalah sebuah acara kecil namun seiring berjalannya waktu sekarang sudah menjadi salah satu ajang cosplay terbesar di dunia. Acara ini juga diselenggarakan setiap waktu.

Dan Indonesia pun ikut berpartisipasi. Tapi siapa sangka Indonesia bisa mendapat juara 3 bahkan untuk dua kali yaitu di tahun 2012 dan tahun 2014. kita patut berbangga karena nama Indonesia tidak diharumkan pada lomba bulutangkis saja tapi melalui lomba cosplay ini nama Indonesia juga dapat diharumkan.

 

#4 Cosplay itu bukan hanya pakai kostum tapi mereka juga multitalent

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Cosplayer itu Multitalent

Cosplayer itu multitalent. Yaps, itu bener banget. Bagaimana tidak para cosplayer itu selain berkostum dan berias seperti tokoh film mereka juga harus bisa akting. Bagaimana pendapat Anda ketika nanti bertemu seseorang yang memakai pakaian seperti Sasuke atau bercosplay Sasuke Uchiha tapi dianya sendiri sifatnya tidak kalem sama sekali. Aneh, bukan.

Karen itu, ada yang bilang bahwa ‘cosplay’ ‘titisan dari tokoh yang ia bawakan’ karena selain berpakaian semirip mungkin dengan tokoh itu tapi sifatnya juga sama. Sebelas duabelas deh.

Tak hanya sampai di sini para cosplayer juga tidak semua bisa membuat kostum tokoh anime atau film. Karena selain bahannya susah di dapat cara membuatnya pun sulit plus rumit. Bahkan terkadang butuh waktu setidaknya berbulan-bulan agar satu kostum plus aksesorisnya jadi dan siap di pakai.

 

#5 Cosplayer itu ramah

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Cosplayer itu Kebanyakan Ramah ^-^

Jika kalian pergi ke festival Jepang dan bertemu dengan cosplayer, mau minta foto tapi segan. Tidak usah khawatir karena para cosplayer itu sebenarnya ramah dan malah akan senang jika ada yang mengajak foto. Itu berarti mereka berhasil menarik perhatian orang-orang, itu juga berarti usahanya membuat kostum dan berias semirip mungkin dengan tokoh yang ia peragakan itu berhasil.

Bukan cuma itu, para cosplayer itu memang pada dasarnya juga ramah kok jadi jangan segang lagi kalau mau minta foto.

 

#6 Jadi Cosplayer itu tidak mudah

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Jadi Cosplayer itu ga asal pake Kostum

Jadi cosplayer itu bukan cuma pakai kostum ya teman-teman tapi juga harus bisa menjiwai tokoh yang kalian bawakan. Bukan asal bercosplay tanpa tahu karakter tokoh itu. Karena itu jadi cosplayer itu tidak mudah.

Ditambah jika kostum tokoh itu rumit dibuatnya kan tambah susah lagi. Para cosplayer itu sebisa mungkin tampil dengan maksimal dengan totalitas agar tidak membuat para fans kecewa. Karena itu tidak mudah jadi cosplayer yang dituntut untuk sempurna.

 

#7 Cosplayer juga punya haters

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Karna berbagai alasan, Seorang Cosplayer bisa saja memiliki para Haters

Jangan bilang kalo jadi ‘cosplay’ itu pasti disukai banyak orang, mereka juga memiliki haters lho. Para haters ini adalah mereka yang kurang puas dengan penampilan para cosplayer yang menampilkan atau membawakan tokoh anime kesayangan mereka. Kurang sedikit saja pasti langsung di kritik habis-habisan.

Tapi, di sini kalian jangan seperti itu ya. Karena jadi cosplayer itu tidaklah mudah. Sudah susah susah buat kostum dan dandan tapi akhirnya hanya di kritik kan nggak baik. Itu kayak usaha yang kita lakukan itu sia-sia.

Kalian nggak mau diperlakukan seperti itu bukan?

 

#8 Cosplay bukan hanya untuk tokoh animasi Jepang

Fakta Menarik dan Unik Cosplay
Cosplay: Layla @ Game Mobile Legend

Bagi yang masih awam soal ‘cosplay’ pasti tahunya ‘cosplay’ itu hannya untuk para tokoh animasi Jepang. Jujur, mimin awalnya juga gitu. Tapi ternyata itu salah. Mimin juga baru tahu jika ternyata cosplay itu bisa untuk semua jenis film dari manapun itu.

Misalkan kalian ingin bercosplay Harry Potter, bisa. Transformers, bisa. Atau para pahlawan di komik Marvel, bisa banget. Jadi sekarang jangan salah pengertian, ya.

Baca Juga: Berapa sih Gaji Cosplayer Pro Seperti Enako?

Mungkin itu fakta fakta ‘cosplay’ dari mimin untuk kali ini. Mimin berharap kalian bisa menikmati sajian fakta tersebut dengan nyaman. Dan jangan salah menilai para cosplayer lagi ya. Karena mereka telah berusaha tampil secara maksimal maka kita juga harus menghargainya. Meski tidak seperti yang kita bayangkan dan harapkan.

Berhubung karena mimin nggak bisa bertemu dengan para cosplayer yang ikemen dan kawaii jadi  mungkin dengan artikel ini bisa menghilangkan rasa rindu mimin terhadap mereka. Hehe…

 

Saat pos artikel ini sudah malam mimin harus segera pergi selamat menikmati hari kalian dan sayonara. Kunjungi terus situs akihanews.com agar kalian tetap mendapatkan info menarik lainnya seputar dunia hiburan jepang.

Kuroname Shiroi

Ore wa Kuroname Shiroi Desu ^-^